Jamaah An Nadzir Sulsel Salat Idul Fitri Besok

Posted by Diposting oleh alvian On 9:41:00 PM

Muhammad Nur Abdurrahman - detikNews


Ilustrasi
Jakarta - Ratusan jamaah An Nadzir di kampung Mawang, Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, menggelar salat Idul Fitri lebih awal. Jamaah An Nadzir akan menggelar salat Idul Fitri di tanah lapang Kampus Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STPP) Mawang, Rabu (8/9/2010).

Menurut pimpinan Jamaah An Nadzir, Ustadz Lukman A Bakti, penentuan satu Syawal ini merupakan rangkaian dari beberapa pengamatan yang dilakukan oleh anggota jamaah An-Nadzir. Jamaah An-Nadzir sudah melakukan pengamatan bulan dan ada tanda perpisahan bulan Ramadan ke Syawal setelah mengukur tingkat pasang air laut tertinggi di pantai Galesong Utara, Kab. Takalar, Sulsel.

"Malam ini sudah bisa disaksikan pasang air laut tertinggi, hal tersebut merupakan tanda-tanda alam akan berakhirnya bulan Ramadan dan sore tadi sudah ada tanda-tanda masuknya Syawal berupa petir dan hujan deras di Makassar dan sekitarnya," pungkas Ustadz Lukman.

Sebelumnya jamaah An Nadzir juga dua hari lebih cepat melaksanakan ibadah puasa Ramadan dari jadwal yang dikeluarkan Menteri Agama, yakni pada tanggal 9 Agustus lalu. Penentuan tanggal satu Syawal bagi jamaah An Nadzir juga bersamaan waktunya dengan jamaah Naqsabandiyah di Padang, Sumatera Barat.

Pelaksanaan Salat Ied bagi komunitas An Nadzir yang kaum prianya identik dengan rambut gondrong dan kaum wanitanya ditandai dengan jubah cadar hitam ini, untuk wilayah Sulawesi Selatan dan sekitarnya dipusatkan di Kampung Mawang.

"Anggota jamaah dari Luwu, Palopo dan beberapa daerah lain sudah berdatangan ke Kampung Mawang untuk salat Ied berjamaah besok," ujar Ustadz Lukman yang ditunjuk jamaahnya sebagai khatib salat Ied besok.