26 Tewas dalam Ledakan di Peshawar

Posted by Diposting oleh alvian On 5:31:00 PM

(Foto: CNN)

ISLAMABAD - Bom mobil bunuh diri menghantam sebuah kawasan padat lalu-lintas di luar Peshawar, Pakistan, Selasa waktu setempat. 26 orang tewas, termasuk beberapa perempuan dan anak-anak. Sebanyak 60 orang lainnya dilaporkan turut terluka.

Ledakan terjadi di Charsadda, yang terletak 18 mil (29 kilometer) utara Peshawar.

Serangan terjadi setelah Kepala Kepolisian Distrik Charsadda Mohammed Riaz Khan meninggalkan area itu. Khan mengatakan kepada CNN bahwa dua mobil dalam konvoinya merupakan target serangan.

Saat dia meninggalkan kantor dan menuju rumah, Khan mengatakan sebuah mobil merah mendekati konvoi, namun terhalang oleh sebuah kereta keledai yang melintas.

Beberapa saat selanjutnya, mobil itu meledak dan Khan mengatakan bahwa bom bunuh diri itu mengincar konvoinya. Khan juga mengatakan bahwa dia baru-baru ini menerima ancaman dari kelompok militan.

"Pengebom menggunakan 50 kilogram peledak untuk melakukan serangan," kata Kepala Kepolisian Peshawar Liaqat Ali, yang dikutip pada Rabu (11/11/2009).

Imbas ledakan menghancurkan beberapa gedung di dekatnya dan sejumlah kendaraan. "Korban tewas termasuk enam anak dan tiga perempuan," kata Ali.

Dalam beberapa hari terakhir, Peshawar, ibu kota Provinsi Perbatasan Barat Laut menjadi target sejumlah serangan. Sebuah bom bunuh diri di pos polisi menewaskan sedikitnya tiga orang pada Senin lalu. Pada hari Minggu sebelumnya, sebuah bom mobil bunuh diri menewaskan 17 orang di kota itu.

Pada 28 Oktober, sebuah bom mobil masif menghantam pasar yang ramai dikunjungi, dan menewaskan sedikitnya 100 orang dan melukai 200an lainnya. Serangan ini merupakan yang paling mematikan dalam dua tahun