Pemda DKI Belum Kelar Hitung Kerugian Gempa

Posted by Diposting oleh alvian On 1:57:00 PM

Jumlah kerugian akibat gempa berkekuatan 7,3 skala Richter pada Rabu 2 September lalu, untuk wilayah Jakarta, belum berhasil diketahui. Dinas Pengawasan dan Penertiban Bangunan (P2B) berkilah tengah melakukan penghitungan.


"Belum ada, tapi catatan kerugian sudah diterima. Sekarang kan sedang dalam pengamatan sementara. Sarana dan pra sarana apa yang rusak, ada juga pipa PAM yang rusak. Gak sedikit biayanya. Mau diklaim siapa," tanya Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo usai salat Jumat di masjid Balai Kota, Jakarta, Jumat (4/9/2009).

Seperti diketahui, gempa pada Rabu 2 September lalu membuat sejumlah bangunan di Jakarta mengalami kerusakan. Kerusakan juga melanda pipa PAM di kawasan Jakarta Timur.

Kepala Dinas P2B Pemprov DKI Jakarta Hari Sasongko mengatakan tanggung jawab terhadap kerusakan yang ada sepenuhnya berada di tangan pihak pengelola dan pemilik gedung. Dalam kaitan ini, pihaknya hanya menjalankan regulasi tentang bangunan.

"Jadi kalau ada yang copot, misalkan pelapis bangunan, ya yang bertanggungjawab pengelola dan pemilik bangunan," ujarnya.