5 Pengacara HAM Ditahan di Iran

Posted by Diposting oleh alvian On 10:20:00 AM


Mahmoud Ahmadinejad (AFP)
Teheran - Lima pengacara Iran ditahan oleh otoritas Iran di Teheran. Tiga dari kelima pengacara HAM itu ditangkap oleh petugas-petugas keamanan di Bandara Imam Khomeini, Teheran ketika mereka tiba dari Turki akhir pekan lalu.

Ketiga wanita pengacara tersebut, Maryam Kianersi, Sara Sabaghian dan Maryam Karbasi ditahan karena "pelanggaran terkait keamanan dan melanggar standar moral Iran di luar Iran."

Demikian disampaikan kepala penuntut Teheran, Abbas Jafari Dolatabadi seperti dilansir News.com.au, Selasa (16/11/2010).

Dikatakan Dolatabadi, dua pengacara lainnya juga telah ditahan lebih dulu.

Tiga wanita tersebut sebelumnya telah menandatangani surat berisi tuntutan pembebasan Nasrin Sotoudeh, juga seorang pengacara HAM yang telah ditahan di Penjara Evin, Iran sejak ditangkap pada 4 September lalu.

Sotoudeh tengah menunggu dimulainya persidangan atas kasusnya. Wanita itu dikenai tuduhan mengancam keamanan nasional.

Menurut kelompok-kelompok HAM di Iran, rezim Iran terus menargetkan para pengacara yang dianggap sebagai aktivis oposisi. Ribuan aktivis oposisi telah ditahan di Iran sejak pemilihan presiden tahun lalu.

Rezim Iran sejauh ini telah menangkap atau mengasingkan setidaknya 15 pengacara, termasuk Mohammed Mostafaei, yang membela Sakineh Mohammadi Ashtiani, wanita Iran yang divonis mati atas tuduhan perzinahan. Mostafaei telah meminta suaka di Norwegia.