DPR Harus Manfaatkan Hari Antikorupsi

Posted by Diposting oleh alvian On 3:49:00 PM

Frida Astuti - Okezone

JAKARTA - Komisi III DPR harus memanfaatkan momentum hari antikorupsi dalam melakukan pengusutan korupsi, dengan melakukan pembuktian terbalik. Selain itu, memberikan hukuman mati bagi para koruptor.

Demikian dikatakan anggota Komisi III DPR, Bambang Soesatyo, setelah menerima perwakilan dari Gerakan Mahasiswa Hukum Jakarta (GMHJ) terkait petisi sepanjang 30 meter di depan gerbang Gedung DPR, Senayan, Rabu (9/12/2009).

"Saya kira DPR akan mendukung. Memang harus didukung dan diperjuangkan, kami tidak perlu pura-pura tidak tahu, banyak pejabat kita yang gajinya Rp2 juta sampai Rp3 juta. Tapi mampu membeli mobil mewah, mampu mengirim anak ke Amerika, duit dari mana itu, kalau bukan dari korupsi," ujarnya.

Kecurigaan yang seperti ini yang harus didalamkan dengan pembuktian terbalik. Hal ini juga seharusnya dilakukan oleh Pansus Angket Bank Century, soal dana yang disebut-sebut mengalir hingga ke Tim Sukses SBY-Boediono itu.

"Kalau dikatakan tim sukses tidak menerima dana, di mana kita bisa membuktikan bahwa dirinya tidak menerima? Kalau kita membuka rekeningnya, kalau dalam periode November-Desember, mendadak ada rekening besar yang masuk," tukasnya.